28/01/2023

Detikmenak.com

Berita & Informasi, Blog

Kepala staff Angkatan Laut atau kasal TNI bocorkan peremajaan alutsista baru TNI AL

Spread the love

www.detikmenak.com – Kepala staff Angkatan laut atau kasal TNI bocorkan peremajaan alutsista baru TNI AL 2 kapal frigade baru sedang dibangun di PT Pall

Pada saat memberikan penjelasan saat acara HUT TNI AL Kasal menjelaskan jika peremajaan Alutsista TNI AL dilakukan secara bertahap dan menyesuaikan anggaran.

permajaan dilakukan secara bertahap dan menyesuaikan anggaran yang diberikan kepada TNI AL maupun Kementerian Pertahanan ucap  kepala staff/Kasal.

terlebih lagi kasal juga menjelaskan ada 2 kapal frike di PT PAL serta dua unit Kapal Pc 60 yang tersebar di daerah.

Saat ini ada 2 kapal Frigade di PT. PAL kemudian ada dua Kapal PC 60 ada di Banten dan Batam dan kemudian ada kcr 60 juga ada di Lampung maupun di Bekasi tambah kepala staff/kasaL’

akan tetapi tak dijelaskan lagi oleh Kasal Ada dugaan jika dua kapal Frigade di PT PAL tersebut kemungkinan besar adalah kapal jenis baru yang sedang dibuat.

ada kemungkinan kapal perahu Prigen yang akan dibuat adalah kapal frigade arohid 140 dari Inggris karena Kementerian Pertahanan Republik Indonesia juga telah menandatangani kesepakatan dengan perusahaan baku internasional dari Inggris untuk pengadaan kapal free cat 140.

rencananya sebanyak 2 unit kapal free cat yang berbasis pada desain kapal kelas Evergreen dari Denmark tersebut juga akan dibangun di galangan kapal milik PT PAL di Surabaya setelah perusahaan BUMN tersebut mendapatkan lisensi pembangunan kapal dari internasional.

nantinya PT PAL akan melakukan pengerjaan kapal perang briket kapal tersebut akan dikerjakan dalam kurun waktu 69 bulan.

Kapal ini akan mengusung main engine dengan spesifikasi 4 x 9100 KW pasokan tenaga tersebut mampu memacu kapal dengan maksimum speed sampai dengan 28 knot dengan kondisi MCR ataupun pot serta endurance pada 18 knot sebesar 9000 nm.

Baca juga :  Satu Negara Kena Prank, Soal Sumbangan Hibah Keluarga Akidi Tio 2 T

untuk kemudahan kapal ini dilengkapi dengan bou truester 925 KW

selain dari kekuatan mesin dan performa yang baik briket RW juga dilengkapi dengan persenjataan yang lumayan gar.

Kapal frigade  juga akan dilengkapi dengan rudal sebagai bentuk sistem pertahanan udara dengan spesifikasi

yakni peluncur rudal vertikal jarak sedang peluncur rudal vertikal ke udara dengan jarak jauh

kemudian peluncur rudal vertikal ke permukaan dengan jarak jauh yang mana akan dilakukan proses pemasangan dengan sistem fit for for but  not with atau FF BMW.

Pihak Inggris juga mendukung penuh kegiatan transfer of teknology atau TOT.

Dan transfer of knowledge atau TOK dalam setiap kesepakatan kerjasama bisnis antara industri lokal Inggris dengan Indonesia terutama PT Pal Indonesia.

Terlepas dari itu jika Kalsal tetap menegaskan bahwa modernisasi alutsista dilaksanakan terus-menerus setiap tahun

jadi artinya modernisasi alutsista dilaksanakan terus-menerus setiap tahun pasti secara bertahap dan menyesuaikan anggaran yang diberikan ke TNI AL tegas kasar dari penjelasan ini artinya TNI AL nantinya setiap tahun akan mempersembahkan banyak alutsista baru nantinya.

khususnya beberapa peremajaan kapal perang kelas candi yang akan melengkapi TNI AL nantinya Selain itu komando Armada 3 atau ko Armada 3 akan mendapatkan kapal perang canggih.

kapal perang canggih yang akan didapatkan ko Armada 3 adalah KRI dorang 874 dan KRI bawah 875.

Perlu di ketahui bahwa kapal KRI 874 dan KRI bawah 875 akan memperkuat kormada 3 merupakan patroli cepat atau PC 60.

informasikan jika dua kapal perang PC ini merupakan hasil dari industri dalam negeri yang memiliki spesifikasi yang mengagumkan.

Kepala staff Angkatan laut atau kasal TNI bocorkan peremajaan alutsista baru TNI AL
Foto : kapal Perang kepala staff/kasal 

dijelaskan bahwa kapal perang memiliki panjang total 60 m lebar 8,5 m serta displacement 520 ton full out.

Baca juga :  Tempat paling Angker di Pulau Kalimantan

lalu untuk akomodasi kapal perang jenis pc ini dibekali dengan 55 personel dengan kecepatan maksimalnya sampai 24 knot.

tetapi saat dilaksanakan si trial mencapai kecepatan 26,8 knots.

perlu diketahui bahwa kapal perang ini diperkuat dengan senjata satu pucuk meriam 40 mm popor dan 2 pucuk mitralium 12,7 MM.

kelengkapan senjata tersebut maka senjata 40 mm bovers di kapal perang jenis pc ini bisa melakukan pertahanan anti udara kelas canggih.

akan tetapi pertahanan anti udara kelas canggih yang bisa dilakukan hanya jarak dekat saja.

walaupun hanya jarak dekat saja tetapi daya hancur senjata 40 mm bovers 874 dan KRI bawah 875 sangat mematikan.

terlebih lagi senjata 45 dan KRI bawah 875 bisa dipakai untuk anti permukaan, maka tak aliran jika ada Penjelasan bahwa kribo Rang 874 dan KR di bawah 875

dapat melaksanakan peperangan anti kapal permukaan dan peperangan anti udara serta Carry 874 dan KRI bawah 875 dapat melaksanakan patroli keamanan laut dan tugas operasi tambahan lain seperti operasi Sar.